Jeruk Nipis

Cerita Saja

Archive for aliyah

Koalisi Cinta Mas & Mba

Duileee…nonton prosesi pernikahan nya mas Ibas dan mba Aliya bikin aku jadi keinget pernikahan mas O dan mBa U pada 8 tahun silam *nyaris niy 8 taun des ntar, insyaAllah*

Nama mantennya aliya, mirip banget sama nama anakku aliyah…*dooo dipas pasin*

Yang bikin aku pengen nonton itu pertama karena akad nikah ya, secara aku doyan liat akad nikah, rasanya gimanaaaa gitu. Kedua, karena nyang nikah ini orang plembang, pake adat plembang *secara aku berdarah palembang, halah,chauvinisme*

Ketiga nama mantennya aliya kayak nama anakku *iiiih, segitchyu nya*

Ke empat karena emang lagi ga ada kerjaan, alias lagi nongkrong aje di rumah ngurus anak woi !!

Loh, apa ga ada ngaruhnya tu karena yang nikah anak presiden yang kedua ? eeemm…iya juga kali, tapi gak gitu banget *apaan siiiy* ;p

Kelima *masih ada neh* para narator nyebut pengantennya itu pake embel embel mas dan mba…perasaan ku baru kali ini dah denger, dulu pas kakaknya Ibas¬† gt juga ya ? *ga nonton* Dan itu sesuatu banget, karena aku dan suami juga menyandang embel embel mas dan mba, padahal tak satupun diantara kami berdua yang berdarah jawa ūüėÄ

Dan terakhir niy yang menarik, nasihat pernikahan yang disampaikan oleh bapak Gurunda Arif Rahman, kalimat nya yang paling nyantol difikiranku itu,¬† “Hati wanita adalah laut terdalam yang pernah ada, maka selami lah sedalam dalamnya supaya para lelaki bisa tau dan mengerti.” gt lah kira kira…cihuy dah… ^_^

Dan paling terakhir niy *loh, ada lagi ?* pestanya di cipanas puncak yang katanya bikin tutup jalan ke puncak, walo itu rumor, tapi emang ada 3 skolah yang diliburkan.

Pestanya di cipanas, karena pertama kali berjumpa di cipanas. Kalo aku pestanya di palembang, karena rumah ku dipalembang walo kite ketemunye di jekerte.

Akad nya kamis tgl 24 nov karena itu tanggal kelahiran nya mas Ibas gt loh. Pantesan nanggung, kok ga jumat aje kayak kite ;p *sape lu*

Trus nanti pestanya tanggal 26 karena pas ulang taunnya mba Aliya *iya ga siy ? ngarang dyeeee*

Oiya, ngomong ngomong cipanas, jadi inget liburan ke puncak sabtu kemarin di cisarua. Duuuh, kita diundang nginep di villa bergaya espanyolaaa, keren abes dan grateeees.

Trus ? enggak siy, yang mau tak ceritain itu tentang putriku aliyah, yang sejak umur 4 tahun selalu bertanya, kapan dia bisa nikah ?!!  wew !!  *~*

Kemarin pas kumpul kumpul ditanyain sama tante yang ngundang, “aliyah sekarang kelas berapa ?” *pertanyaan standar keakraban pada anak orang lain*

“TK B ..” jawab aliyah datar semi males malesan. Bikin ummi meradang neh, ga sopan euy.

Abis TK B Trus apa ? tanya si tante lagi yang udah tau cerita kalo aliyah itu kita ajarin urutan-urutan yang harus dilaluinya sebelum menikah, yaitu TK A, TK B, SD, SMP, SMU, Kuliah, Kerja, baru deh nikah…

Nah, pertanyaan dijawab lancar walo tetep males-malesan *ummi uda cemas niy, kalo males malesan gitu suka keluar isengnya  niy anak*

Sampe pertanyaan abis kuliah ? Dan jawaban aliyah bener bener bikin gempa sevilla dah, apa coba jawabnya ? HAMIL !!! Astaghfirullah, serem amat nak, abis kuliah trus hamil !! iiiiih, na’udzubillah dah….

*maaf ngelantur dah ceritanya, yuk makan strawberry cintah*

Advertisements

Iqcatung

Kalo ditanya aliyah nanti mau jadi apa ? jawabannya dokter pemadam kebakaran. Waaaah…*ekspresi lemas*

Ga papa siy nak, itu pilihanmu, teringat ummi dulu juga kalo ditanya cita- cita, maunya jadi detektif dan langsung disambut aneka macam tawa. Maklum standar protap cita cita anak indonesia itu, dokter, pilot, polisi, astronot *yang ini lu kate gampang ape, tapi ga papa namanya juga citah citah*

Nah, kalo aku dan suami sebagai ortu, menekankan agar aliyah menuntaskan urusan urusan agama dulu. Kudu bisa ngaji dah. Jadilah aliyah saban malam harus belajar iqro’, di didik langsung oleh abinya, alhamdulillah *hemmaaaaaat* ;p

Kalo baca iqro, aliyah sudah kami ajarkan sebelum dia TK, malah aliyah pernah ikut sekolah di TPA deket rumah mertuaku.

Alhamdulillah di usia aliyah yang 5 taun ini, dia sudah masuk ke iqro 5. Walo kalo ngaji nya pake tawar menawar, sambil tiduran, lari lari, kadang sambil nungging *oh noooo* bahkan sambil terkantuk kantuk *xixixi tegaaaa*

Dasar namanya ortu, kepingin juga niy liat anak  bisa baca, padahal kalo aku pribadi ga mau maksain bayi *anak dibawah 6 taun itu namanya bayi booo* baca tulis hitung gt.

Nantilah, ada waktunya, sekarang adalah masa nya bermain, kalaupun aliyah mw belajar siy ya monggo, tapi ummi ga akan maksa kamu sekolah cepet cepet loh nak. *ingat 7 taun pertama adalah bermain, 7 taun kedua adalah belajar, dan 7 taun terakhir adalah aplikasi* CMIIW

Maka abinya aliyah pun menambah kurikulum belajar aliyah di rumah ;p

Aliyah belajar baca dan hitung, ga pake tulis, biar itu tugas guru SD nye aje dah ;p

Lucu juga siy, hari ini mendengar aliyah udah mulai bisa membaca walau tertatih tatih, lumayan juga akselerasinya, hanya dalam 1 minggu !!

Walo kalo nulis angka 5 masih kebalik, tapi aliyah kini udah bisa penjumlahan dan sejak 2 hari yang lalu mulai belajar pengurangan. Metodenya pake jari. misalnya 9 tambah 1, sembilan dimulut, 1 di jari *idih, dikit amat siiiy xixixi*

Kemarin pas belajar pengurangan, sempet sempetnya aliyah nyontek ama ummi, nanya sambil bisik-bisik gitu, segitunya nak, kalo salah juga ga diapa apain. Kalo nyontek gt ntar kebiasaan loooh *duile ummi, kayak ga pernah nyontek aje*

Sempet kepikir, kalo gt, nanti dedek ga usah play grup ato TK segala dah. Knapa, tanya suami ku. Iya kan mas bisa ngajarin, selain itu…hemmaaaaat….xixixi….

 

Dibalik tirai itu

Anak gadisku paling doyan maen dan ngumpulin temen2nya di kamar. Seeetiap hari mau nya maiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin melulu *namanya juga anak anak, kalo emaknya yang maen mulu itu berabe yah* ;p

Apalagi sejak punya ipad, duileee, bukan dia siy yang ngajakin, tapi temen-temennye pada ngarubung laksana ada gula ada semut, maklum, ped ped *panggilan sayang untuk ipad dari papaku yang ngasih* ini masih agak langka *wew* Jadi masih euforia banget bagi yang belum punya *dan karena udah punya ipad pulalah saya gelar dagangan di wordpress ini* ;p

Tapi sebagai orang yang beruntung alias ga mampu beli ipad tapi dikasih ipad *apa siy8, maka aku agak ketat dalam pengawasan pemakaian gadget ini. Lah, kalo rusak oleh anak kite ya sutralah, tapi kalo rusak oleh anak orang lain? ya sutralah juga….

Maka terjadilah kejadian aneh tapi nyata itu. Aliyah menyelundupkan teman-temannya ke dalam kamarnya *iya nya* dengan membentangkan tirai gordyn pembatas antara ruang tamu dengan ruang kamar. Dimana kalo tirai itu dibentangkan, maka tertutuplah pandangan dari kamarku ke ruang tamu, sehingga aku takbisa melihat siapa siapa yang masuk ke kamar aliyah *silahkan berimajinasi*

Well, namanya juga penyelundup amatir, jadinya yaitu, lewat tanpa kepala dan badan terlihat, tapi kaki pada keliatan *hiiiy*

Dan mereka pun bermain angry bird dengan berbisik-bisik. Iseng kutanya,” Aliyah, kamu ngomong sama siapa?”

“enggak sama siapa-siapa !” duuuuuu, anak guwe uda bisa bo’ooooooooooooong. “Ama tuyul ya ?” ku teror aja.

Aliyah diam, “hehe…ama Dira siy mi…”

Alhamdulillah , akhirnya jujur juga….semoga kebiasaan menyelundup ini tidak terbawa sampe dewasa, aamiiyn….