Jeruk Nipis

Cerita Saja

Archive for November, 2011

Penulis

Semua penulis akan mati. Hanya karyanyalah yang akan abadi. Maka tulislah sesuatu yang membahagiakan dirimu di akhirat nanti. (Ali bin Abi Thalib)

Duhay, betapa aku senang sekali membaca kalimat diatas, secara ya, akhirnya aku bisa mewujudkan sedikit dari  sesuatu yang membahagiakan itu. Kenapa sedikit ? Iya, karena aku udah kesampean siy nulis sebuah karya dan di bukukan. Tapi masih sebatas antologi. Ituloh, cerita nyata super pendek, yang biasanya cuma selembar ato paling banyak dua lembar tercetak dalam buku. Itupun cover depannya nama penulis lainnya yang ngajak aku sumbang tulisan *untung diajak*

Suatu keniscayaan bisa punya buku yang diterbitin, maksute ada izin terbitnya gt loh dan alhamdulillah terjajar di toko buku. *walopun kagak best seller* ;p

Kenapa keniscayaan, iyalah, seumur-umur jadi pembaca mulu dari sejak balita, paling kenceng juga nulis diari, itu pun ditulis doank kagak di baca lagi, males *jiaaa, baca tulisan sendiri aja males apalagi orang lain yang baca yak* ;D

Dan ini adalah bentuk harapan yang pernah kulayangkan ke petala langit ke 7 *duileee* di masa mudaku *sok tuek, emang tuek* yang kini dicurahkan pada masa produktif tua ku *aku ga maw sok muda ya walo masih imut, loh, kok malah sok imut ?*
Bukan suatu cerita yang sarat ilmu apalagi suatu pengetahuan baru, hanya pengalaman yang alhamdulillah membahagiakan dan penuh hikmah *terutama untukku sendiri*
Selain itu ini merupakan tantangan tersendiri bagiku dalam ‘menjadikan’  sesuatu yang tak nyata menjadi nyata *tukang sulap apa tukang sihir lu ?*
*lagi mikir mau nulis apalagi, tapi setelah dipikir-pikir, kayaknya ga ada lagi, mendadak buntu maw nulis apa gara-gara denger bayi ku nangis, haaaaa*

Buku Antologiku yang baru 4 ini ;p

Advertisements

Tafsir Surah An Najm 32

“Hai orang yang bertaqwa, hai ahli zikir, hai ahli ibadah, jangan kalian merasa paling suci karena Allah paling tahu siapa diantara kalian yang paling bertaqwa sebenarnya.”

Ini tentu rahmat Allah untuk hamba-hamba Nya yang bertaqwa agar tidak geer, tidak sombong, dan tidak berbangga diri, sebaliknya agara hamba yang bertaqwa itu tetap bertaqwa dengan menghinakan diri dihadapan Allah dan rendah hati dihadapan makhluk Nya, Subhanallah.

(KH. Muhammad Arifin Ilham)

BBG # Ngajiyuk

Koalisi Cinta Mas & Mba

Duileee…nonton prosesi pernikahan nya mas Ibas dan mba Aliya bikin aku jadi keinget pernikahan mas O dan mBa U pada 8 tahun silam *nyaris niy 8 taun des ntar, insyaAllah*

Nama mantennya aliya, mirip banget sama nama anakku aliyah…*dooo dipas pasin*

Yang bikin aku pengen nonton itu pertama karena akad nikah ya, secara aku doyan liat akad nikah, rasanya gimanaaaa gitu. Kedua, karena nyang nikah ini orang plembang, pake adat plembang *secara aku berdarah palembang, halah,chauvinisme*

Ketiga nama mantennya aliya kayak nama anakku *iiiih, segitchyu nya*

Ke empat karena emang lagi ga ada kerjaan, alias lagi nongkrong aje di rumah ngurus anak woi !!

Loh, apa ga ada ngaruhnya tu karena yang nikah anak presiden yang kedua ? eeemm…iya juga kali, tapi gak gitu banget *apaan siiiy* ;p

Kelima *masih ada neh* para narator nyebut pengantennya itu pake embel embel mas dan mba…perasaan ku baru kali ini dah denger, dulu pas kakaknya Ibas  gt juga ya ? *ga nonton* Dan itu sesuatu banget, karena aku dan suami juga menyandang embel embel mas dan mba, padahal tak satupun diantara kami berdua yang berdarah jawa 😀

Dan terakhir niy yang menarik, nasihat pernikahan yang disampaikan oleh bapak Gurunda Arif Rahman, kalimat nya yang paling nyantol difikiranku itu,  “Hati wanita adalah laut terdalam yang pernah ada, maka selami lah sedalam dalamnya supaya para lelaki bisa tau dan mengerti.” gt lah kira kira…cihuy dah… ^_^

Dan paling terakhir niy *loh, ada lagi ?* pestanya di cipanas puncak yang katanya bikin tutup jalan ke puncak, walo itu rumor, tapi emang ada 3 skolah yang diliburkan.

Pestanya di cipanas, karena pertama kali berjumpa di cipanas. Kalo aku pestanya di palembang, karena rumah ku dipalembang walo kite ketemunye di jekerte.

Akad nya kamis tgl 24 nov karena itu tanggal kelahiran nya mas Ibas gt loh. Pantesan nanggung, kok ga jumat aje kayak kite ;p *sape lu*

Trus nanti pestanya tanggal 26 karena pas ulang taunnya mba Aliya *iya ga siy ? ngarang dyeeee*

Oiya, ngomong ngomong cipanas, jadi inget liburan ke puncak sabtu kemarin di cisarua. Duuuh, kita diundang nginep di villa bergaya espanyolaaa, keren abes dan grateeees.

Trus ? enggak siy, yang mau tak ceritain itu tentang putriku aliyah, yang sejak umur 4 tahun selalu bertanya, kapan dia bisa nikah ?!!  wew !!  *~*

Kemarin pas kumpul kumpul ditanyain sama tante yang ngundang, “aliyah sekarang kelas berapa ?” *pertanyaan standar keakraban pada anak orang lain*

“TK B ..” jawab aliyah datar semi males malesan. Bikin ummi meradang neh, ga sopan euy.

Abis TK B Trus apa ? tanya si tante lagi yang udah tau cerita kalo aliyah itu kita ajarin urutan-urutan yang harus dilaluinya sebelum menikah, yaitu TK A, TK B, SD, SMP, SMU, Kuliah, Kerja, baru deh nikah…

Nah, pertanyaan dijawab lancar walo tetep males-malesan *ummi uda cemas niy, kalo males malesan gitu suka keluar isengnya  niy anak*

Sampe pertanyaan abis kuliah ? Dan jawaban aliyah bener bener bikin gempa sevilla dah, apa coba jawabnya ? HAMIL !!! Astaghfirullah, serem amat nak, abis kuliah trus hamil !! iiiiih, na’udzubillah dah….

*maaf ngelantur dah ceritanya, yuk makan strawberry cintah*

Rentang Waktu

Rentang waktu, terkadang membuat kita lupa bahwa kita semakin dewasa.

Rentang waktu, terkadang membuat kita lupa bahwa kita telah melanggar titah Yang Kuasa.

Rentang waktu, terkadang membuat kita sadar bahwa kita hanya manusia yang tak punya apa-apa. selain jasad yang tak berguna.

Rentang waktu, terkadang membuat kita sadar bahwa Allah tidak melihat harta dan rupa melainkan hati yang ada di dalam dada dan amal jasad yang lata.

Walau einstein berkata bahwa rentang waktu itu berbeda, tergantung dalam keadaan apa kita berada.

Namun Allah telah berkata,

“Hanya Akulah yang tahu umur manusia.”

Sekular barat mengatakan waktu adalah dolar di dalam kantung.

Namun Hasan Al Bana mengatakan waktu adalah pedang, potong atau terpotong.

Waktu…

Alam terus menari dalam simfoninya.

Waktu…

Umur manusia didikte olehnya

Waktu…

Setiap detaknya memakukan kita dipersimpangan jalan, jalan kebajikan atau jalan syaitan.

Rentang waktu, semoga tak melalaikan kita…tuk terus berjalan dijalan- Nya.

BBG# Ngajiyuk

First Call (ed) ;p

Lagi menikmati keletihan di pagi hari sembari memeluk jejaka merah.

Tanpa sadar lamunan jauuuuh ke pintu *tapi ga nembus keluar, lu kate superman*

Tiba-tiba tersadar oleh suara kecil serak halus rada kejepit, “Ei…ei..”

Masya Allah…jejaka merah di pelukanku memanggilkuuu…duuuh…panggilan pertamanya untukkyuuu….*sok romantis*

Bener-bener amaze negeliat asal dari suara ituh…ternyata jejaka merah udah mulai pengen talking-talking sama emaknye.. ^_^’

Now and Forever

Curhat maaaah, iya doooooooonk….

Hehe, kebayang kalo jadi mamah dedeh yang punya forum curhat ditonton berjuta juta umat.

Rasanya hidup ini kalo ga curhat , badan dan fikiran jadi berat *curhat ape rumpi* ;p

Kemarin ada teman yang curhat, galau dengan kenyamanan yang dirasakan dalam berumah tangga. Klo adem ayem bgini, ada apakah ?

Sammaaa…aku juga kalo lama ga berantem sama suami, langsung ada bisikan-bisikan, yuwaswisufi banget dah 😀

Tapi alhamdulillah, sekarang lagi ga peduli, udah lama ga berantem, uda lama ga nangis *hati bisa keras niy, kemarau*, dan udah lama ga jalan-jalan keluar kota *huhuuuu*

Maw cerita apa siy sebenernye…ga denk, cuma mw curhat dikit, ada temen curhat yang galau dengan kehidupan rumah tangga nya *loh, ulang lagiii*, curiga suaminya nikah lagi ! *loh, kok sama xixixi*

Semua istri kayaknya punya fikiran begitu semua deh, cuma beda di kadar aje ;D *ada ga yang enggak? ngacung dah*

Selepas curhat, aku sharing lah ke suami, cerita cerita sambil nyelidik gettoh *dasar pere*

“Mas, tau ga ? aku bisa jantungan banget dah kalo tiba-tiba muncul wanita bawa anak dan memperkenalkan diri, saya istri suamimu, ini anaknya..” # aku adalah rekan mu *ceile… guwe ga butuh rekan di ranjang*

Suami diem aja sambil ngantuk.

“Mas kalo nikah lagi mbok ya bilang ya mas, jangan beri kejutan yang kayak gitu, bisa mati serangan jantung.” *sejak kapan mba punya sakit jantung*

“Emang sekarang aku bole nikah lagi ?” tanya suamiku.

Jiaaaa…ilang ngantuknye disuruh nikah lagi !! *dezigh*

“Kalo mas…kalooooo….!!!” lolong ku was was.

Suami menghela nafas, “Kamu ini aneh, aku kan uda bilang, kalo aku nikah lagi itu karena kamu yang nyariin, kalo pun enggak, ya aku maw dengan cara yang syar’i lah, ga mau ah main main sama agama.” *balik badan meluk guling.

Duileee…kalo gt ga usah diarep dah, aku juga ga bakal nyariin, ga sempet lah *siapa juga yang maw nyempetin*, ngurus laki ama anak 2 aja uda jungkir balik.

Aku diam sambil ngotak ngatik isi gadget ga tentu arah, sambil membayangkan bila aku dipoligami….hhmmm…

Tiba-tiba suami ku bersuara setelah mendengkur *ga tidur toh, kok ngorok?* “Mu, kamu tau carole king ga ?”

“Enggak.” *temenku orang indonesia semuwah, kalo orang asingnya cuma arab ame cina.

“Dia itu nyanyi lagu now and forever.”

“Itu richard mark maaaaas…”

“Iya, tapi yang ini now and forever nya carole king. Coba kamu search deh liriknya, bagus.”

“Ih, mas kok denger denger lagu barat gitu, melenakan gitu loh…”

“Ga sengaja pas di mobil denger lagu itu di radio, lirik nya bagus, cocok buat kita berdua.

Mendadak melambung, ” Benarkah ?!?!!” *lebay*

Ku search lirik lagu tersebut dan kubaca bait demi bait. Lucu, dadaku seperti bergemuruh, airmataku kok pengen meloncat keluar. Walah, udah lama ga nangis, kirain nangis pas lagi berdo’a, kok malah maw nangis pas baca lirik lagu.

Jujur, aku ga nyangka, suami ku yang pendiam dan ga romantis agak kaku itu kok bisa bisanya ya menemukan lagu buat aku dan dia *kan ga sengaja, ge er aje lu*

Jadi inget, dulu katanya kalo denger lagu Aline inget akuuu *muka sok manja*

Aku aja udah ga peduli ama lagu lagu *sejak hijrah* maw teks nya oke ato kagak dah, tapi sekarang siy lagi *ikut ikutan* doyan ama ayu ting ting aje yang lagi jadi racun banget di indonesia. ;D

So, buat yang baca ga usah repot tanya ke mba gugel, aku udah minta ke mba dan sudah available disini…met nyanyi baca…. ;p

Now and forever
you are a part of me
And the memory cuts like a knife
Didnt we find the ecstacy
Didnt we share the daylight
When you walked into my life
Now and forever
I’ll remember all the promises still unbroken
And think about all the words between us
That never needed to be spoken
We had a moment
Just one moment
That will last beyond a dream,
Beyond a lifetime
We are the lucky ones
Some people never get to do
All we got to do
Now and forever
I will always think of you
Didnt we come together
Didnt we live together
Didnt we cry together
Didnt we play together
Didnt we love together
And together we lit up the world
I miss the tears
I miss the laughter
I miss the day we met
and all that followed after
Sometimes I wish I
could always be with you
The way we used to do
Now and forever
I will always think of you
Now and forever
I will always be with you

*allamaaaaaaaaaak…..* ^_^’

 

Siapa yang terkuat ?

Besi itu kuat, tapi api dapat melelehkannya.

Api itu kuat, tapi air mampu memadamkannya.

Air it kuat, tapi matahari bisa menghilangknannya.

Matahari itu kuat, tapi awan bisa menghalanginya.

Awan itu kuat, tapi angin mampu memindahkannya.

Angin itu kuat, tapi manusia mampu mengontrol dengan layarnya.

Manusia itu kuat, tapi dosa dan nafsu duniawidapat melemahkannya.

Dosa itu kuat, tapi IMAN bisa mengatasinya.

Yang terkuat adalah iman, kebaikan karena takkan hilang setelah kematian.

#BBG Ngajiyuk_ Wisye